PENTINGNYA OLAHRAGA DI KONDISI PANDEMIK COVID-19

Pandemi COVID-19 membuat banyak aktivitas kita di ruang publik menjadi sangat terbatas. Sebut saja sekolah, perkantoran, hingga berolahraga. Padahal meski lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, tubuh tetap perlu melakukan aktivitas fisik agar tetap sehat. Jangan sampai, selama di rumah, berat badan bertambah dan menjadi tidak sehat.

Adanya warga negara yang senantiasa melakukan berbagai kegiatan olahraga diharapkan dapat menciptakan negara Indonesia dengan penduduk yang sehat dan bugar. Hal tersebut pun sejalan dengan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia yang menjadikan olahraga atau aktivitas fisik sebagai salah satu bagian dari PHBS dan sekarang ini semakin gencar dipromosikan oleh Kemenkes RI sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari PHBS merupakan hal yang sangat penting di masa pandemik Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi dan berkepanjangan tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan imunosupresi atau menurunkan imunitas tubuh.

Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya gangguan mental yang dialami oleh sebagian orang karena adanya penerapan karantina dan isolasi, maupun jaga jarak (physical dystancing) akibat pandemik Covid-19. Gangguan mental tersebut misalnya depresi, kecemasan, sindrom kelelahan dan stress.

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, penyakit yang kemungkinan besar dapat terjadi pada masa pandemik Covid-29 karena kurangnya aktivitas fisik masyarakat yang cenderung menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi, menggunakan handphone, dan bermain game, sehingga berisiko mengalami penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Secara keseluruhan, olahraga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Olahraga dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit kronis seperti hipertensi, stroke, diabetes, dan penyakit jantung di kemudian hari.

Selain mencegah Anda untuk terkena penyakit kronis, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan persendian Anda. Dengan berolahraga, Anda juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Meski di rumah, pola hidup sehat tetap perlu dijaga, salah satunya dengan berolahraga. Meski terlihat sepele, aktivitas yang satu ini memang membawa dampak yang sangat besar bagi tubuh kita. Selama pandemi, tentu Anda memiliki kekhawatiran untuk berolahraga. Terutama jika Anda ingin berolahraga di luar rumah, ketakutan akan risiko penularan COVID-19 mungkin menghantui benak Anda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, olahraga yang dapat dilakukan dikondisi pandemik Covid-19 adalah olahraga dengan intensitas dan durasi sedang yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Olahraga dalam ruangan yang dapat dilakukan yaitu jalan cepat di sekitar rumah atau naik turun tangga selama 10-15 menit sebanyak 3 kali sehari, menari, lompat tali, atau berolahraga dengan menggunakan mesin kardio, jika memilikinya. Sedangkan olahraga luar ruangan yang dapat dilakukan yaitu  berjalan di sekitar tempat tinggal atau taman, bersepeda, berkebun, dan bermain games dengan keluarga. Berolahraga dengan melatih kekuatan juga dapat dilakukan dengan mendownload aplikasi yang dapat menjadi panduan untuk melakukan latihan kekuatan dan melakukan yoga.

 Referensi:

Blocken B, Malizia F, vanDruenen T, Marchal T. Towards aerodynamically equivalent COVID-19 1.5 m social distancing for walking and running (UrbanPhysics website).

CDC. Benefits of Physical Activity. Diakses pada 2020.

U.S Department of Health and Human Services. Importance of Physical Activity. Diakses pada 2020.

K.L. Piercy, R.P. Troiano, R.M. Ballard, et al. The physical activity guidelines for Americans. JAMA., 320 (2018), pp. 2020-2028

 

Jatinom, 21 Februari 2021

Edy Siswanto, S.Pd

2 thoughts on “PENTINGNYA OLAHRAGA DI KONDISI PANDEMIK COVID-19

  1. Olahraga Sangat bermanfaat sekali apalagi disituasi yang unsecured kayak begini tapi tetap harus mengikuti prokes ketika ber olahraga.

Tinggalkan Balasan ke Hanifah Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Search

Statistic Pengunjung

User Online : 0
Visitor Today : 0
Visitor Yesterday : 13
Total Visitor : 4212