OLAHRAGA DI MASA PANDEMIC, SIAPA TAKUT?

WhatsApp Image 2021-07-14 at 13.02.02

 

Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga saat ini. Sebab ketika pandemi covid-19 melanda hampir seluruh dunia, semua orang bisa terjangkit virus mematikan tersebut. Karena itu menurut para ahli, satu-satunya yang bisa kita lakukan saat ini adalah menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Olahraga saat pandemi, lebih aman dilakukan di rumah. Berolahraga di luar ruangan bisa menjadi salah satu alternatif, selama tidak berkerumun. Apalagi menurut para ahli virus korona tidak tahan dengan sinar matahari. Selain itu, berolahraga outdoor juga bisa menghilangkan suntuk dan dapat memberikan asupan vitamin D dari sinar matahari.

Pandemi Covid-19 membuat banyak aktivitas kita di ruang publik menjadi sangat terbatas. Sebut saja sekolah, perkantoran, hingga berolahraga. Padahal meski lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, tubuh tetap perlu melakukan aktivitas fisik agar tetap sehat. Jangan sampai, selama di rumah, berat badan bertambah dan menjadi tidak sehat.

Menurut dr. Nimah Nur Fajarini, bahwa dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari PHBS / Pola Hidup Bersih dan Sehat merupakan hal yang sangat penting di masa pandemik Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Dengan olahraga atau aktivitas fisik dapat menjaga kesehatan jiwa dan juga kesehatan mental.

“Seperti kita ketahui; penyakit jantung, hipertensi, gula / diabetes militus yang merupakan penyakit penyerta itu sangat berbahaya bila di derita oleh orang yang terpalar virus Covid-19. Sedangkan penyakit mental; seperti depresi, kecemasan, sindrom kelelahan dan stres itu dapat di cegah dengan olahraga / aktifitas fisik yang dilakukan baik outdoor maupun indoor. Olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi sebaiknya  untuk di hindari karena dapat menyebabkan imunosupresi atau menurunkan imunitas tubuh” sarannya.

Olahraga atau aktivitas fisik merupakan salah satu aktivitas fisik yang harus dilakukan pada masa pandemi covid-19. Masyarakat harus tetap aktif meski bekerja dan belajar dari rumah. Social distancing dan work from home (WFH) cenderung membuat seseorang memiliki gaya hidup kurang gerak, studi menunjukkan bahwa gaya hidup kurang gerak dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi virus (Perhimpunan Dokter Spesialis Keolahragaan, 2020).

Aktif berolahraga secara rutin harus tetap dilakukan meskipun “work from home and social distancing” untuk menjaga tubuh tetap bugar dan meningkatkan imunitas. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) merekomendasikan tetap aktif latihan fisik selama pandemi covid-19 dengan intensitas sedang. Bentuk latihan bisa berupa latihan aerobik dan latihan kekuatan. Keuntungan yang  diperoleh  dari  latihan  fisik  berasal  dari peningkatan   curah    jantung    dan    peningkatan    kemampuan otot yang bekerja dan memanfaatkan oksigen  dari  darah. 

Manfaat  lain  dari  latihan  fisik  adalah  efeknya  pada  peningkatan  kadar kolesterol  HDL  dan  penurunan  trigliserid,  yang  keduanya    berakibat    pada    penurunan    resiko    penyakit  jantung  dan  pembuluh  darah. Manfaat lain  olahraga  yang  diperoleh  adalah  peningkatan  sensitivitas  insulin,  peningkatan  fungsi  kognitif, 

peningkatan  respons  terhadap  stres  psikososial,  serta  pencegahan  depresi. (American  Heart  Association, 2018 & Patel, 2017) .

Referensi:

https://mediaindonesia.com/humaniora/344197/pentingnya-berolahraga-di-masa-pandemi-covid-19

http://www.darya-varia.com/id/read/pentingnya-olahraga-di-kondisi-pandemi-covid-19

https://radarbali.jawapos.com/read/2021/05/10/260363/manfaat-olahraga-saat-pandemi-covid-19

 

Jatinom, 20 Maret 2021

Edy Siswanto, S.Pd

21 thoughts on “OLAHRAGA DI MASA PANDEMIC, SIAPA TAKUT?

  1. Wahh, betul sekali. Olahraga memang sangat penting apalagi kondisi pandemi seperti ini. Mencegah stres juga ya ternyata. Bagus sekali ak edy

  2. Syukron ust Edy… Sangat bermanfaat sekali di era pandemi. Salah satu Ikhtiar hidup sehat yang mudah. Salam sehat. Semoga pandemi segera berlalu dan semua bisa berjalan normal kembali. Aamiin Aamiin yra.

  3. Wah…bakal jadi referensi buat saya untuk istiqomah berolah raga ini pak edy….tulisan yang memotivasi….khususnya buat saya yang suka malas berolahraga….hehehe….terimakasih sdh sangat menginspirasi …..semangat berolahraga…..salam sehat

  4. Wah…tulisan yang bagus ini ….sangat memotivasi sy pribadi yang malas berolahraga …semoga bis istiqomah berolahraga ….semangat untuk sehat …terimakasih pak Edy….

  5. Terimakasih teman teman semuanya.. membaca dari berbagai komentar ini akan menambah semangat saya untuk sharing dan berbagi pengetahuan bersama. Khususnya di bidang olahraga. Mari semangat berolahraga.. 💪💪

  6. Betul sekali pak apa lagi situasi pandemi seperti ini kita perlu menibgkat kan imun salah satunya dg berolahraga
    Semangat berolahraga!!!

  7. Terima kasih ustadz informasinya……tulisan yg bagus… mari kita berolah raga di masa pandemi agar tubuh tetap sehat sehingga imun tetap terjaga dengan baik. Salam sehat selalu.

  8. That’s right pak edy disaat pandemi spti sekarang ini aktifitas olah raga sangat dibutuhkan, salah satunya dgn olah raga indoor
    Sehat selalu pak edy

  9. Sepedaan olahraga yg menyenangkan, selain sehat badan sehat mata juga sehat hati jadi happy 😊lihat pemandangan otak jadi fresh, salam olahraga💪

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Search

Statistic Pengunjung

User Online : 0
Visitor Today : 2
Visitor Yesterday : 4
Total Visitor : 3877