Rihlah Ilmiah SDIT Muhammadiyah An Najah Jatinom 2022: “Mentaddaburi Mahakarya Ilahi Melalui CiptaanNya di Laut Pantura”

By Sdit

Oktober 31, 2022
WhatsApp Image 2022-10-31 at 08.08.15

Langit yang cerah di hari Senin (26/9), bertepatan dengan 30 Rabi’ul Akhir 1444 H pukul 19.00 WIB, para santri kelas 6 berdatangan di SDIT An Najah Jatinom. Pada kegiatan malam itu, diawali dengan melaksanakan sholat isya’ berjamaah di mushola al kahfi, dilanjutkan pembukaan sekaligus doa pemberangkatan rihlah yang dipimpin oleh ketua PCM, Drs. Kamtono. 

Perjalanan selanjutnya yaitu ke pondok modern Assalam Kartasura untuk melakukan pengamatan rasi bintang. pengamatan dilakukan dengan menggunakan teleskop untuk membuktikan tentang Rasi Bintang sebagai penunjuk arah.
Allah berfirman,
وَهُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلنُّجُومَ لِتَهْتَدُوا۟ بِهَا فِى ظُلُمَٰتِ ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ ۗ قَدْ فَصَّلْنَا ٱلْءَايَٰتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

“Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui.”(QS Al ‘An’am: 97)

Pengamatan rasi bintang dibimbing oleh Club Astronomi Pondok Modern Assalam, Kartasura, Sukoharjo yang dipimpin oleh Ustadz AR.Sugeng Riyadi. Dengan diiringi suasana yang sangat mendukung, langit begitu cerah nampak terlihat bintang bertaburan. Santriwan santriwati mengikuti dengan antusias dan kegiatan ini berlangsung dengan lancar. 

Di pagi hari pada pukul 03.00 WIB, alhamdulillah seluruh rombongan Rihlah Ilmiah SDIT Muh An Najah tiba di Lamongan, melaksanakan sholat subuh berjamaah serta bersih diri di Masjid Namira.
Setelah itu, rombongan menuju ke Kampung Nelayan. Dalam waktu kurang lebih 3 jam seluruh rombongan Rihlah Ilmiah SDIT Muh sampai di lokasi kemudian sarapan. Destinasi selanjutnya yaitu kampung nelayan desa Blimbing. Di sana santrwan dan santriwati diberikan materi tentang penyelamatan laka laut oleh Polisi Air dan biota laut oleh Penyuluh perikanan.

Allah berfirman,
وَهُوَ الَّذِيْ سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوْا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَّتَسْتَخْرِجُوْا مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُوْنَهَاۚ

“Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai.” (Q. S An Nahl: 14)

Di tengah hari, rombongan melanjutkan perjalanan lagi menuju WBL Islamic Center Museum. Santriwan santriwati mendapatkan ilmu tentang sejarah kebudayaan Islam, dan mengamati benda-benda bersejarah.

Kemudian rombongn SDIT Muh An najah melanjutkan perjalanan lagi menuju resort Tanjung Kodok untuk melakukan pengamatan hilal serta melihat matahari tenggelam secara langsung. Sebelum santri dijelaskan mengenai hilal lebih lanjut oleh Ustadzah Ambri, mereka diajak untuk melakukan dzikir sore sejenak. Setelah kegiatan di Tanjung Kodok selesai, perjalanan berlanjut ke Asrama Haji Sukolilo. Keesokan paginya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Hutan Raya Purwodadi. Di sana, para santri diajak untuk belajar mengenai keanekaragaman hayati yang dipandu oleh Tim Hutan Raya Purwodadi.

Destinasi terakhir dalam kegiatan rihlah tahun ini yaitu Jatim Park 1. Sebelum mencoba berbagai wahana di Jatim Park 1, para santri diajak untuk memepelajari tentang gelombang suara yang ada di area wahana. Ustadzah Ambri menjelaskan tentang gelombang suara ini kepada para santri. Setelah kegiatan belajar di lokasi selesai, para santri menikmati berbagai wahana yang ada di Jatim Park.

Semoga ilmu yang di dapat santri dalam kegiatan Rihlah Ilmiah tahun ini menjadi pengalaman berharga penuh manfaat dan barokah. Aamiin

============================

Jatinom, September 2022
Panitia Rihlah 2022