Indahnya Berbagi Kebahagiaan Melalui Idul Qurban di SDIT Muhammadiyah An Najah Jatinom Klaten

WhatsApp-Image-2021-07-27-at-06.38.56-800x500

 

Kamis, 12 Dzulhijjah 1442 H, bertepatan dengan 22 Juli 2021 dengan mengusung tema “Indahnya Berbagi Kebahagiaan Melalui Idul Qurban” SDIT Muh An Najah Jatinom kembali menyemarakkan Idul Qurban dengan menyembelih 2 ekor sapi dan 6 ekor domba di halaman SDIT An Najah di mana para mudhohinya asatidz, santri, dan juga wali santri. Sama seperti tahun lalu, proses penyembelihan tahun ini tidak melibatkan seluruh santri secara langsung dikarenakan masih pada masa pandemi. Meskipun demikian, sekolah tetap berupaya memberikan edukasi terkait proses penyembelihan hewan qurban secara live streaming via YouTube SDIT An Najah. Menghadirkan narasumber berkompeten yakni Ustadz Saiful dan drh.Dwi Pujiningasih, M.Si. selaku dokter hewan Puskeswan Jatinom. 

Alhamdulillah animo santri dalam mengikuti live streaming sangat bagus terbukti dengan jumlah viewers lebih dari 1.020 tayangan dari total 1.050 subscribers.   Live streaming diawali dengan penjelasan dari ustadz Saiful yang memaparkan syarat hewan qurban dan tata cara penyembelihan syar’i kemudian penayangan proses penyembelihan hewan qurban dan dilanjutkan penjelasan dari drh.Dwi Pujiningasih, M.Si tentang kondisi hewan yang ASUH (Aman Sehat Utuh Halal) dimana ciri daging yang ASUH adalah warna daging merah terang, tidak lembek & tidak bau. dan juga penjelasan tentang organ hewan yang sehat diantara cirinya: hati yang sehat tidak terdapat cacing hati, paru paru sehat warnanya cenderung pink dan tidak mengandung air, dan juga jantung sehat warnanya segar dan tidak mengeras. 

Proses penyembelihan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah oleh tim Juleha (Juru Sembelih Halal) FUI Kab. Klaten. Kehadiran dokter hewan dari Puskeswan Jatinom drh Dwi Pujiningasih, M.Si bertujuan untuk memastikan daging ASUH (Aman Sehat Utuh Halal) untuk dikonsumsi serta memberikan edukasi kepada santri tentang organ pencernaan sapi. Daging qurban ditasyarufkan kepada warga sekitar lingkungan sekolah dengan total 170 mustahiq. Kami selaku panitia Idul Qurban 1442 H SDIT An Najah Jatinom mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada para mudhohi yang telah mempercayakan hewan qurbannya untuk disembelih di SDIT. Semoga Allah SWT menerima ibadah qurban dari bapak/ibu mudhahi sekalian dan membalasnya dengan pahala yang berlipat serta kebaikan dan keberkahan untuk kita semua. BACA JUGA  Pembagian Zakat Rumah Sabilillah SDIT Muhammadiyah An Najah Dengan diadakannya kegiatan ini, semoga kita semua bisa lebih meneladani ketaatan dan keikhlasan nabi Ibrahim sebagai bentuk kecintaan kepada Allah SWT serta meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Aamiin.

 

Artikel dimuat di https://pwmjateng.com/indahnya-berbagi-kebahagiaan-melalui-idul-qurban-di-sdit-muhammadiyah-an-najah-jatinom-klaten/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Search

Statistic Pengunjung

User Online : 0
Visitor Today : 3
Visitor Yesterday : 4
Total Visitor : 3878