Akhirussanah SDIT Muh. An Najah Jatinom Angkatan ke XI, Tampilkan Output Santri di Tengah Pandemi

WhatsApp Image 2021-07-03 at 20.52.35


Alhamdulillah, Selasa 22 Juni 2021 bertepatan dengan 11 Dzulqo’dah 1442 H sudah terlaksana kegiatan Akhirussanah SDIT Muhammadiyah An Najah Jatinom, dengan mengusung tema;

Generasi Qur’ani Langkah Pasti Gapai Ridho Ilahi”

Pagi yang cerah Selasa, pukul 07.30 WIB santriwan dan santriwati kelas 6 angkatan XI SDIT Muh. An Najah Jatinom berkumpul di gedung dakwah Muhammadiyah Jatinom dengan memakai toga.

Dimasa pandemi ini kegiatan akhirussanah tetap dilaksanakan dengan teriring Do’a:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari malapetaka yang parah, dari kesengsaraan yang menimpaku, dari kemalangan dalam keputusan, dan dari kegembiraan musuh.

Untuk menghindari kerumunan, maka Akhirussanah tahun ini dibagi menjadi 2 tempat yaitu di SMPIT Muh An Najah Jatinom untuk wali santri yang akan menyaksikan kegiatan Akhirussanah secara virtual dengan zoommeeting dan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jatinom bagi semua wisudawan-wisadawati (sejumlah 99 santri karena 4 santri sudah di Pondok Pesantren) tentunya dengan prokes yang ketat.

Kegiatan Akhirussanah menampilkan semua output santri, sebagai bentuk tanggungjawab sekolah kepada wali santri yang telah memberikan amanah, untuk mendidik putra-putri tercinta selama 6 tahun.

Dalam acara ini ditampilkan santriwan santriwati kelas 6 dengan berbasis 3 Pilar Pendidikan Islam yang dikemas secara apik dalam sajian drama yaitu

1️⃣ Tahfidz
Ada 8 Santri menampilkan kebolehannya untuk menghafalkan Q.S. Al Qalam dengan Nada Muri Q, Alhamdulillah atas ridho Allah dapat diselesaikan dengan baik

2️⃣
Bilingual
Kemampuan santri dalam berkomunikasi dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

3️⃣ Akademik (Sains)
Tercermin ketika santri menjelaskan proses terjadinya gerhana dengan jelas. Dengan berdasarkan sabda Rasulullah;
Rasulullah bersabda
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana, maka banyaklah berdoa kepada Allah, bertakbirlah, dirikan shalat dan bersedekahlah ( H.R Bukhari)

Rangkaian sambutan dari Kepala Sekolah SDIT Muh. An Najah, Ketua PCM Jatinom memberikan motivasi para wisudawan untuk menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan penuh semangat tanpa meninggalkan nilai-nilai agama yang telah diajakan di SDIT Muh. An Najah Jatinom.

Penyerahan hadiah bagi santri berprestasi bidang (tahfidz, seni, olahraga dan akademik) dilanjutkan dengan untaian doa dari ustadz Musta’in, S. Sos menjelang akhir acara, semoga dikabulkan olehNya.

Ada pertemuan tentunya ada perpisahan. Pertemuan 6 tahun yang lalu membentuk ikatan batin yang kuat sehingga tangisan pecah, suasana mengharu biru saat penyampaian pesan & kesan dari santri, ustadzah kelas 6 serta wali santri.

Acara akhirussanah diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari wali santri yang akan diwujudkan dalam Studio Mini SDIT Muh An Najah Jatinom untuk menunjang KBM utamanya pada masa pandemi saat ini.

Besar harapan kami, wisudawan-wisudawati bisa menampaki jenjang sekolah di tingkat selanjutnya tetap menorehkan prestasi – prestasi yang gemilang. Tentunya menjadi generasi unggulan yang berakhlakul karimah. Aamiin.
✨✨✨✨✨✨✨
✨✨

Jatinom, Juli 2021
Tim Publikasi SDIT Muh. An Najah Jatinom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Search

Statistic Pengunjung

User Online : 0
Visitor Today : 4
Visitor Yesterday : 4
Total Visitor : 3879